Selasa, 20 September 2011

Tugas 2 Konsep E-Business (16-09-2011)

NIM/NAMA       : 09.41011.0023 / Elda Dini Fitriana
Dosen              : Tan Amelia
Tugas              :
111-eBiss Kelas P1-M2



Ride Charge (Taxi Order)

Teknologi saat ini sangatlah canggih, segala sesuatunya bisa dilakukan dengan teknologi. Bahkan untuk memesan taxi saja kita bisa memesannya melalui aplikasi yang ada di handphone kita. 

 

Kadang kala kita sering merasa kesusahan ketika akan mencari taxi, khususnya pada malam hari. Banyak orang yang melanjutkan kembali aktifitas mereka pada malam hari, namun karena tidak semua orang memiliki kendaraan pribadi maka pastilah mereka mencari taksi, disamping nyaman juga lebih aman dari pada mengunakan Bis kota or Angkot, kendala lainnya yaitu meskipun banyaknya merek taxi yang sudah ada di Indonesia khususnya di Jakarta, setiap orang pasti memiliki rasa percaya terhadap salah satu merek taxi saja, karena banyaknya tindak kriminal yang ada terjadi di dalam taxi. Memang kita bisa menelpon kantor taxi yang sudah kita percaya tapi kendala lainnya yaitu pada saat kita di kondisi handphone kita tidak memiliki tenaga baterai yang cukup untuk menelpon dan juga tidak ada jaringan, selain itu telepon umum di Jakarta rata-rata sudah tidak berfungsi bahkan gagang teleponnya pun ada yang hilang. Cukup merepotkan bukan?
Di Indonesia layanan ini masih belum masuk. Di luar sana sudah ada aplikasi handphone yang biasa kita gunakan untuk memesan taxi. Teknologi ini dapat di pasang di iPhone, Blackberry dan windows mobile. Dengan adanya aplikasi ini kita tidak perlu untuk menelpon perusahaan taxi yang kita ingin pesan. Dengan adanya teknologi GPS maka kita lebih mudah melihat keberadaan taxi yang mau kita pesan selama taxi tersebut belum terisi penumpang, selain itu apa bila anda pengguna baru anda harus membuat account terlebih dahulu untuk bisa memesan taxi. Pada saat anda mengklik order maka anda harus memasukkan ID yang anda dapatkan pada saat membuat account. Setelah memasukkan ID maka secara otomatis layanan ini akan langsung menampilkan fee-for-service anda dimana nilainya telah di tentukan sesuai dengan merek taxi yang kita inginkan. Setelah itu kita tinggal menunggu taxi yang telah kita pesan, kira-kira maximal 15 menit saja untuk menanti kedatangan taxi yang sudah kita pesan.


Bagaimana menarik bukan system pelayan taxi yang ada di A.S. mudah-mudahan teknologi ini bisa masuk di Indonesia sehingga kita tidak perlu repot menelpon armada taxi yang kita ingnkan juga kita dapat memilih dan memantau keberadaan taxi yang ingin dan sudah di pesan. Berdoa saja ya kawan…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar