Sabtu, 24 September 2011

Resume-3 APBO

NIM/Nama     : 09.41011.0023/Elda Dini Fitriana
Tugas              : Resume-3 Analisa dan Perancangan Berorientasi Objek
Dosen             : Pak Teguh
Pemodelan bisnis adalah studi organisasi. Selama proses pemodelan bisnis, Anda memeriksa struktur organisasi dan melihat peran dalam perusahaan dan bagaimana mereka saling berhubungan. Anda juga memeriksa workflow organisasi, proses utama dalam perusahaan, bagaimana mereka bekerja, seberapa efektif mereka, dan apakah ada hambatan. Anda akan memeriksa entitas luar, baik individu atau perusahaan lain, yang berinteraksi dengan bisnis, dan melihat implikasi interaksi tersebut. Singkatnya, Anda mencoba untuk memahami apa yang di dalam dan di luar bisnis, dan bagaimana berbicara dalam dan di luar satu sama lain. Dalam UML, Anda akan dokumen ini informasi dalam model bisnis.

 Pemodelan bisnis memodelkan sistem organisasi ke dunia nyata. Model bisnis sangat membantu kita untuk memahami masalah yang harus diselesaikan oleh perangkat lunak yang akan kita buat. Lalu apa proses-proses bisnis dan bagaimana mungkin mereka dirancang untuk mendukung satu sasaran organisasi ?

Bagaimana cara kita mendesain sistem informasi untuk mengumpulkan,memelihara, dan memproses data yang diperlukan untuk menghasilkan       keluaran-keluaran yang diperlukan oleh manajemen mengatur efektifitas proses-proses bisnis dalam jaman informasi ?
Analisis akan menggunakan model semantik - model dari aksi-aksi nyata atau penomena. Yaitu menggunakan REAL Business Process Modeling sebagai suatu metode untuk membantu anda memahami dan model proses-proses bisnis
                                                          
Tujuan Pemodelan Proses Bisnis
·         Memahami struktur dan dinamika organisasi
·         Memahami masalah-masalah dalam mencapai target organisasi dan menemukan potensi untuk kemajuan organisasi
·         Yakin bahwa para customer, end user, dan developer mempunyai sebuah pemahaman yang benar mengenai sebuah organisasi
·         Mampu memperoleh software aplikasi yang akan kita buat yang diperlukan untuk mencapai target  organisasi


Mengapa Model Bisnis?

Ada banyak alasan untuk melakukan pemodelan bisnis. Alasan-alasan ini termasuk memperoleh pemahaman tentang organisasi Anda dan sistem perangkat lunak, membantu dalam upaya proses bisnis-re-engineering, dan membangun sebuah alat pelatihan yang kuat, sebagaimana dijelaskan dalam bagian berikut.

Memahami Visi Organisasi

Bahkan jika Anda tidak membangun sebuah sistem perangkat lunak, Anda dapat menggunakan model bisnis untuk memahami dan mendokumentasikan apa organisasi Anda tidak. Ini adalah cara yang mengagumkan untuk mengembangkan sebuah pernyataan visi untuk organisasi Anda, diagram dalam pemodelan bisnis akan membantu Anda memahami apa keuntungan dunia luar dari hubungannya dengan organisasi Anda, serta bagaimana organisasi anda pergi tentang mencapai tujuan ini. Pemodelan bisnis tidak hanya berlaku untuk tingkat organisasi. Sebuah divisi khusus dalam sebuah organisasi mungkin ingin pergi melalui proses bisnis-pemodelan untuk mengembangkan divisi sendiri piagam atau pernyataan misi.

Business Process Re-engineering

Pemodelan bisnis juga sangat membantu dalam upaya-proses bisnis rekayasa ulang. Salah satu artefak utama proses bisnis-pemodelan adalah diagram alur kerja. Diagram ini menggambarkan bagaimana suatu proses tertentu mengalir di dalam organisasi. Ini menunjukkan individu yang terlibat dalam proses, langkah-langkah dalam proses, dan entitas bisnis yang terlibat dalam proses. Sebuah proses bisnis rekayasa ulang-tim akan mulai dengan mendokumentasikan proses saat ini dengan diagram alur kerja. Mereka kemudian dapat menganalisa diagram untuk mencari inefisiensi atau masalah lain dalam alur kerja. Misalnya, mereka mungkin menemukan bahwa dokumen tertentu pergi dari analis, untuk manajer untuk mendapatkan persetujuan, kembali ke analis untuk informasi tambahan, dan kemudian kembali ke manajer. Proses ini mungkin dapat ditingkatkan dengan memiliki analis mengisi semua informasi yang dibutuhkan sampai depan. Ini hanyalah satu contoh bagaimana diagram alur kerja dapat dianalisis.

Tim Bisnis proses rekayasa ulang juga akan menggunakan diagram alur kerja untuk menganalisis alur kerja di masa depan. Dengan merancang sejumlah proses potensial, tim akan lebih mampu melihat dan mendiskusikan pro dan kontra dari pendekatan masing-masing dan untuk memilih proses baru yang paling tepat untuk organisasi.

Business Use-Case
Merupakan urutan tindakan yang dimainkan suatu bisnis yang menghasilkan sebuah nilai yang dapat dilihat dan ditujukan untuk suatu business actor tertentu.

Use Case : Definsi
·         Use Case adalah deskripsi dari sebuah perilaku sistem sebagai respon dari suatu aksi / permintaan dari luar sistem. Dengan kata lain, use case mendeskripsikan ‘siapabisa melakukan ‘apa’ pada sebuah sistem
·         Business use case : interaksi bisnis dengan konsumen atau kejadian nyata.
·         Business Use-case Model: Merupakan model yang menggambarkan proses bisnis dari sebuah bisnis atau organisasi dan interaksi proses tersebut dengan pihak luar, seperti para customer dan partner. Diperlukan untuk memperjelas konteks bisnis dari perangkat lunak yang akan dibuat, bersifat optional.
 Pemodelan Use-Case: Definisi
Pemodelan Use-Case : proses modeling fungsi-fungsi sistem dalam terminologi kejadian bisnis (business events) yang memicu peristiwa, dan bagaimana sistem menanggapi kejadian tersebut
·         Use-case modeling berakar dari object-oriented modeling. (pemodelan berorientasi obyek)
·         Merupakan pelengkap dari alat-alat modeling tradisional. (seperti ER Diagram)
Use Case Model
  • Teknik pemodelan untuk mendapatkan functional requirement dari sebuah sistem
  • Menggambarkan interaksi antara pengguna dan sistem
  • Menjelaskan secara naratif bagaimana system akan digunakan
  • Menggunakan skenario untuk menjelaskan setiap aktivitas yang mungkin terjadi
  • Kadangkala notasi kurang detail, terutama untuk beberapa aktivitas tertentu
Business Modeling
  •   Teknik pemodelan yang digunakan untuk menggambarkan model suatu bisnis
  •   Digunakan untuk meninjau, meningkatkan dan membuat sebuah bisnis

Tujuan Pemodelan Proses Bisnis
¨  Memahami struktur dan dinamika organisasi
¨  Memahami masalah-masalah dalam mencapai target organisasi dan menemukan potensi untuk kemajuan organisasi
¨  Yakin bahwa para customer, end user, dan developer mempunyai sebuah pemahaman yang benar mengenai sebuah organisasi
¨  Mampu memperoleh software aplikasi yang akan kita buat yang diperlukan untuk mencapai target  organisasi
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar